DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM
DR. H. ABAS
MANSUR TAMAM, LC., MA.
v Definisi pendidikan
ü
Bimbingan atau pimpinan
secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan ruhani anak didik
menuju terbentuknya kepribadian yang utama (Marimba)
ü
Pendidikan menyangkut semua
pengalaman (Lodge)
ü
Pendidikan adalah
pengajaran (Park)
v Tarbiyah?
- Pertumbuhan, tumbuh kembang, membimbing dan memperbaiki
- Menjaga fitrah anak didik
- Mengembangkan potensi anak didik
- Mengarahkan perkembangan fitrah dan potensi anak didik menuju kesempurnaan
- Proses yang sistematis
v Cakupan pendidikan
ü
Pembinaan pribadi sosial
: proses menyiapkan pribadi yang baik
dengan dirinya dan dengan lingkungannya
Konsep manusisa dalam Islam adalah PERSON, bukan Individu
Penyebutan MANUSIA dalam ALQURAN
Basyar : Aspek biologis
Insan : mufrod, individu
An Nas : aspek sosial manusia, jauh lebih banyak
disebutkan: 62%
ü
Pendidikan adalah hidup :
setiap orang tidak akan normal dan mengalami kematangan kecuali dengan
pengalaman hidup dan pengalamannya
ü
Proses yang integral dan
holistik : pertumbuhan secara utuh meliputi fisik, akal dan jiwa.
ü
Proses perubahan : cara
untuk merealisasikan tujuan tertentu
v Hakikat pendidikan
ü
Pendidikan merupakan proses
terencana dengan tujuan yang jelas; meniscayakan adanya design yang terencana
pada setiapa fase anak didik
ü
Pendidik sesungguhnya
adalah Allah yang menciptakan, menitipkan fitrah, memberikan potensi dan
membimbing hidup manusia
v Istilah-istilah pendidikan
o
Pendidikan, taklim,
pengajaran, ta’dib, tarbiyah, tazkiah
o
Posisi yang tepat hubungan
hamba dengan Allah : UBUDIAH
v TUJUAN PENDIDIKAN
Tujuan Khusus
§
Membina rohani
§
Membina kecerdasan akal
§
Membangun kecerdasan ilmiah
ü
Beda pengetahuan dan ilmu,
pengetahuan ada pada setiap manusia dengan perbedaan2nya, tapi tidak semua yang
memiliki pengetahuan memiliki ilmu.
ü
Ada syarat pengetahuan bisa
menjadi ilmu
ü
Contoh: orang arab sebelum
islam punya pengetahuan luas ttg ilmu astronomi, tp tidak bisa disebut ilmu
karen ada yg masih bercampur khurafat, ada yg menyembah,
§
Membina kekuatan fisik
§
Menyiapkan warga negara
yang saleh
§
Membekali life skill
§
Membuat keharmoisan sosial
v KURIKULUM
Sejumlah mata pelajaran tertentu yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan
atau jurusan
RALPH W. TYLER
Ø
Apa tujuan pengajaran
(TUJUAN)
Ø
Pengalaman belajar apa yang
disiapkan untuk mencapai tujuan (ISI atau PROGRAM)
Ø
Bagaimana pengalaman
belajar itu dilaksanakan (METODE atau PROSES BelajarMengajar)
Ø
Bagaimana menentukan bahwa
tujuan itu tercapai (EVALUASI)
Seringkali hanya urusan kognitif : salah. Perilaku tidak dijadikan
penilaian.
§ Pengertian sempit =
program/materi pembelajaran
v Proses Pendidikan >> Metode
Proses pendidikan : semua upaya yang digunakan dalam mendidik yang dalam pedagogik
disebut metode.
Pedagogik : untuk anak-anak
Andragogik : untuk orang dewasa
Metode pengajaran ditentukan oleh:
ü
Tujuan pengajaran yang
ingin dicapai
ü
Kemampuan guru (ceramah,
bernyanyi, peran, diskusi, dll)
ü
Keadaan alat-alat yang
tersedia
ü
Jumlah peserta didik
v EVALUASI
ü
Salah satu komponen dari
sistem pendidikan yang harus dilakukan secara sistematis dan terencana sebagai
alat untuk mengukur keberhasilan atau target yang akan dicapai dalam proses
pendidikan
ü
Pembelajaran : kegiatan
yang disengaja (sadar) oleh peserta didik dengan bimbingan atau bantuan dari
pendidik untuk memperoleh suatu perubahan
ü
Perubahan meliputi aspek
kognitif, afektif, psikomotorik
ü
Perubahan yang diharapkan:
kompetensi (kemampuan melakukan sesuatu)
ü
Untuk mengukur kompetensi
yang dicapai oleh peserta didik : evaluasi
v PRINSIP EVALUASI PENDIDIKAN
§
Berkesinambungan (continuity)
§
Menyeluruh (compreherensif)
§
Obyektifitas (objectivity)
§
Validitas (validity)
dan realibitas (reability)
§
Keteraturan
§
Praktikabilitas (practicability)
Komentar
Posting Komentar